TUHAN INGKAR JANJI … ( ??? )

TUHAN INGKAR JANJI … ( ??? )

Tuhan ingkar janji ???… Ah mana mungkin Tuhan kok ingkar janji …

lalu kalau ada dikisahkan ada perjanjian seperti di bawah ini di sebuah buku bernama Alkitab yang diklaim suci oleh sebagian orang di muka bumi ini… maka istilah apa yang paling tepat ???

Kejadian 15:18 Pada hari itulah TUHAN mengadakan perjanjian dengan Abram serta berfirman: “Kepada keturunanmulah Kuberikan negeri ini, mulai dari sungai Mesir sampai ke sungai yang besar itu, sungai Efrat:

menurut kitab yang diklaim suci itu pula dikisahkan Abraham punya 2 anak …
lalu anak yang mana yang dimaksud oleh sang Tuhan dalam perjanjiannya ???… jawabnya ada ditulis di bawah ini …

Kejadian 17:18 Dan Abraham berkata kepada Allah: “Ah, sekiranya Ismael diperkenankan hidup di hadapan-Mu!”

Kejadian 17:19 Tetapi Allah berfirman: “Tidak, melainkan isterimu Saralah yang akan melahirkan anak laki-laki bagimu, dan engkau akan menamai dia Ishak, dan Aku akan mengadakan perjanjian-Ku dengan dia menjadi perjanjian yang kekal untuk keturunannya.

Wah ternyata dikisahkan perjanjian itu diadakan oleh Tuhan Allah dengan anak Abraham yang bernama Ishak yang menurunkan bangsa Israel…dan diulang lagi seperti di bawah ini …

Kejadian 17:21 Tetapi perjanjian-Ku akan Kuadakan dengan Ishak, yang akan dilahirkan Sara bagimu tahun yang akan datang pada waktu seperti ini juga.”

Apakah perjanjian itu benar benar dipenuhi Tuhan Allah???… inilah faktanya …

kalau kamu mengerti geografi…. kamu akan tahu bahwa dari dulu hingga sekarang … tidak ada satupun negeri dari keturunan Ishak (Israel ) yang menguasai wilayah dari mesir hingga sungai eufrat…. , bahkan ketika masa puncak kejayaan Israel mampu mendirikan kerajaan terbesarnya dibawah pemerintahan Daud hingga Solomon … wilayah yang dikuasainya ternyata hanya di pojok sebelah utara mesir… dan … luasnya tidak lebih besar dari pulau Jawa …

Dan silakan anda kaget sejenak apabila menyadari fakta yang ada …. ternyata wilayah dari sungai Mesir hingga Sungai Efrat … dipenuhi oleh orang orang Arab … keturunan Ismael …

loh kok bisa demikian ??? Tuhan kok ingkar janji …

Psst jangan bicara keras keras !!..Tuhan tidak mungkin salah !!! …mungkin saya yang salah menulis … atau saya membaca dari “kitab suci yang ada kesalahan tulisnya ” …kalau kamu punya komentar … ,tulis saja di bawah sini …

47 Tanggapan to “TUHAN INGKAR JANJI … ( ??? )”

  1. Fitri Says:

    Amankan pertamax dulu😛

  2. hh Says:

    lalu kalau ada dikisahkan ada perjanjian seperti di bawah ini di sebuah buku bernama Alkitab yang diklaim suci oleh sebagian orang di muka bumi ini———– menurut kitab yang diklaim suci itu pula dikisahkan Abraham punya 2 anak ……….. atau saya membaca dari “kitab suci yang ada kesalahan tulisnya ”

    =>Satu sisi, mas Ucin dan juga teman-teman mas yang lain selalu mengejek Alkitab sebagai suatu kitab yang dianggap /diklaim suci; kitab yang banyak kesalanan kesalahannya.

    =>Di sisi yang lain, setiap ada yang kalian anggap mendukung pendapat kalian, kalilan selalu mengutipnya, bila perlu membelokkannya seperti yang mas sudah lakukan pada postingan: NUBUAT DANIEL … KERAJAAN ALLAH.
    ______________

    Mas Ucin,

    Janji itu tidaklah serta merta harus dipenuhi secara total, adakalanya
    pemenuhan janji itu tergantung dari penurutan dari pihak yang diberi janji. Bila yang diberi janji menuruti syarat-syarat yang diberikan pemberi janji, maka janji itu akan dipenuhi seluruhnya, jika tidak, maka janji itu tidak dipenuhi seluruhnya.

    Penurutan adalah sebagai syarat utama dari penerimaan janji itu.
    ______________

    TUHAN MEMILIH SION

    Mazmur 132:13 Sebab TUHAN telah memilih Sion, mengingininya menjadi tempat kedudukan-Nya:

    Masih di Taman Eden, dengan kehidupan yang serba senang dan akan hidup selama lamanya dan bertatap muka secara langsung dengan Tuhan penciptanya, manusia sudah memilih melawan peraturan Tuhan. Setelah manusia berdosa, Tuhan mengusir manusia itu dari Taman Eden, dan manusia itu tidak lagi hidup kekal, tetapi akan mengalami kematian.

    Ingkar janjikah Tuhan dalam hal ini? Tidak! Manusia sendirilah yang menentukan pilihannya.

    Bila manusia menurut, maka kekallah hidupnya sebagai Tuhan adalah kekal.

    Penurutan adalah kuncinya.

    Setelah manusia diusir dari Eden, manusia semakin jauh dari Tuhan, dan Tuhan akan menghukum manusia dengan air bah. Makin jauhkah Tuhan ingkar janji? Tidak! Tuhan menyediakan bahtera dan menyuruh mereka masuk. Karena manusia tidak menurut akan ajakan memasuki bahtera itu, binasalah mereka.

    Penurutan adalah kuncinya.
    ———————-
    Semakin hari manusia semakin jahat. Manusia menyadari sepenuhnya betapa bencinya Tuhan akan dosa sehingga Tuhan memusnahkan manusia melalui air bah. Tidak terlalu jauh berselang setelah peristiwa itu, manusia sudah menantang Tuhan dengan mendirikan menara dengan anggapan bilamana air bah turun kembali, mereka akan dapat selamat. Tuhan menggagalkan rencana itu.

    Tidak lama berselang setelah itu, manusia kembali meninggalkan Tuhan dan bealih kepada ilah ilah buatan tangan (ciptaan) mereka sendiri, bahkan, korban yang diminta Tuhan untuk dipersembahkan adalah dari hewan, manusia telah menggantikankannya dengan korban manusia.

    Melihat kecenderungan manusia yang semakin menjauh dari Tuhan, Tuhan merencanakan suatu tampat khusus sebagai tempat kehadirannya, dan menginginkan suatu bangsa yang kudus untuk berdiam disana untuk menyampaikan/memberitahukan kepada umat manusia siapakah Tuhan yang harus disembah.

    Dianatara semua manusia yang sudah menjauh dari Tuhan, ada satu orang yang tetap setia: Abram, yang dikemudian hari Tuhan mengganti namanya menjadi Abaraham. Tuhan menentukan, keturunan Abraham melalui istrinya Sarah, akan menjadi bangsa yang akan mendiami kota pilihan Tuhan; KOTA SION, dan sekaligus akan memberikan seluruh Tanah Kanaan dan daerah2 sekitarnya mulai dari Sungai Mesir hingga sunga besar; Efrat.

    Tuhan memenuhi janjinya membuat Sion menjadi tempat kehadiranNya di bumi dengan mendirikan Bait Suci disana.

    Tetapi, untuk membeikan keseluruhan Tanah Kanaan dan daerah daerah sekitaranya menjadi milik pusaka mereka adalah dengan syarat penurutan.

    Perintah Tuhan dengan tegas kepada bangsa Israel. Jangan ada ilah lain. Jangan berkompromi dengan berhala berhala bangsa disekitar mereka, harus menumpas semua bangsa yang sudah ditentukan oleh Tuhan harus ditumpas oleh karena kedurjanaan bangsa bangsa itu menyembah berhala dengan mengorbankan anak anak mereka.

    Menjelang waktu memasuki tanah perjanjian dengan jalan menyeberangi Sungai Jordan, bangsa Israel sudah melakukan penyembahan terhadap berhala berhala orang Midian dan melakukan perzinahan habis habisan dengan perempuan perempuan Midian.

    Setelah mereka memasuki Tanah Perjanjian, mereka tidak setia kepada Tuhan, tidak menumpas semua bangsa yang Tuhan sendiri sudah ditentukan untuk tumpas karena kedurjanaan bangsa bangsa itu, tetapi membiarkan mereka hidup.

    Itulah kesalahan kesalahan yang mereka perbuat sehingga mereka tidak mewarisi semua daerah yang dijanjikan itu.

    Perhatikanlah semua peperangan yang mereka lakukan sepanjang pengembaraan mereka mulai saat mereka keluar dari negeri Mesir, tanpa latihan perang, tanpa persenjataan yang memadai, mereka sanggup mengalahkan segala musuh mereka. Bukankah sangat mungkin bagi mereka menguasai seluruh Daerah itu?

    Jangankan memiliki seluruh daerah yang dijanjikan itu, karena ketidakpenurutan mereka terhadap perintah Tuhan, kerajaan itu sendiri terpecah menjadi dua kerajaan bahkan satu dari kerajaan itu malah berakhir. Bahkan Bait Suci sendiri dimaha kehadiran Tuhan ada, musnah akibat kedegilan bangsa itu.

    Sekali lagi, Tuhan tidak ingkar janji, tetapi bangsa Israel sendirilah yang mengurangi berkat itu bagi mereka.

    salam

  3. XucinXgaronX Says:

    to hh

    Tuhan menjanjikan wilayah dari MESIR sampai sungai EUFRAT… yang tidak terpenuhi sampai sekarang adalah hal yang luar biasa aneh … buktinya adalah Nabi Musa malah mengajak Israel keluar Mesir… kalau betul betul janji itu yang dibuat Tuhan tentu MUSA tidak perlu susah susah menyeberangi laut merah lari ke tanah yang dijanjikan yang ternyata malah menuju …KANAAN

    Nabi Musa sendiri selama hidupnya tidak pernah mengatakan mesir adalah tanah yang dijanjikan Tuhan buat Israel …dan adanya orang arab yang ternyata memenuhi wilayah dari Mesir sampai Eufrat adalah keanehan yang kedua … jangan jangan Janji Tuhan memang dirubah kalimatnya oleh orang Israel seperti yang disinyalir dalam Al Quran…

  4. XucinXgaronX Says:

    to fitri

    senang pertamax yaa …

  5. hh Says:

    Tuhan menjanjikan wilayah dari MESIR sampai sungai EUFRAT…

    =>Tuhan tidak menjanjikan wilayar Mesir, tetapi mulai dari sungai Mesir.
    ______________
    yang tidak terpenuhi sampai sekarang adalah hal yang luar biasa aneh …
    =>Di zaman dulupun hal itu sudah tidak terpenuhi karena kedegilan bangsa Israel, apalagi sekarang ini, dimana bangsa Israel tidak lagi menjadi bangsa pilihan.
    _______________
    buktinya adalah Nabi Musa malah mengajak Israel keluar Mesir… kalau betul betul janji itu yang dibuat Tuhan tentu MUSA tidak perlu susah susah menyeberangi laut merah lari ke tanah yang dijanjikan yang ternyata malah menuju …KANAAN

    =>Tuhan membawa bangsa Israel keluar dari Tanah Mesir melalui Musa dan Harun menuju Tanah Perjanjian, yaitu Tanah Kanaan, karena Tuhan telah memilih Tanah Kanaan menjadi milik pusaka bangsa pilihan-Nya itu. Tuhan telah memilih bangsa itu untuk menunjukkan kepada DUNIA suatu perbaktian yang benar kepada Tuhan pencipta Alam Semesta. Tuhan telah memilih Zion sebagai tempat kudus-Nya, tempat mendirikan Bait Suci-Nya.

    Itulah sebabnya Tuhan membawa bangsa itu keluar dari Mesir untuk menempatkannya sebagai bangsa yang Kudus di tempat yang Kudus, yang Tuhan sendiri telah memilihnya.

    Hal menyeberangi Laut Merah itu bukanlah merupakan suatu kesusahan, karena Tuhanlah yang menghendakinya, agar melalui tanda ajaib membelah air Laut itu manusia dapat lebih mengenal kekuasaan Tuhan.

    Hal kesukaran yang dialami bangsa Israel selama pengembaraan di padang gurun adalah akibat pemberontakan yang dilakukan oleh bangsa Israel. Baru saja mereka melihat betapa kuasa Tuhan telah melindungi mereka di Laut Merah, mereka sudah bersungut-sungut hanya karena kekurangan air.
    ____________________
    Nabi Musa sendiri selama hidupnya tidak pernah mengatakan mesir adalah tanah yang dijanjikan Tuhan buat Israel …

    =>Benar sekali.
    Karena yang dijanjikan Tuhan menjadi milik pusaka bangsa itu adalah Tanah Kanaan.
    _______________
    dan adanya orang arab yang ternyata memenuhi wilayah dari Mesir sampai Eufrat adalah keanehan yang kedua …

    =>Mengapa hal itu menjadi keanehan mas Ucin? Bukankah dimasa kejayaan Islam seluruh daerah itu menjadi daerah kekuasaannya?

    Perhatikan baik baik diskusi kita sebelumnya mas Ucin……… Disebabkan ketidaksetiaan bangsa Israel, tidak seluruh wilayah itu direbut dan tidak semua bangsa di sekitar itu dihalau. Akibat ketidakpenurutan berikutnya, kerajaan Israel terbagi menjadi dua; utara dan selatan, dimana pada akhirnya kerajaan utara berakhir. Dan puncak dari kesalahan bangsa itu adalah tersebarnya mereka ke seluruh penjuru dunia pada saat pemberontakan terakhir melawan pemerintah Roma.

    Jadi tidaklah aneh akan keberadaan orang orang arab dalam daerah itu.

    Tapi ingat mas, pada zaman dahulu itu, yang memenuhi wilayah itu bukanlah orang orang Arab, melainkan orang orang Midian, Moab, Edom, dll, dll.

    Sekarang ini juga, entahlah,,,,,,,saya kurang tau bahwa orang orang Arablah yang memenuhi wilayah itu.
    _______________

    jangan jangan Janji Tuhan memang dirubah kalimatnya oleh orang Israel seperti yang disinyalir dalam Al Quran…

    =>Mungkin sinyalir itulah yang salah, Mas Ucin. Periksalah.

    salam

  6. XucinXgaronX Says:

    to hh

    kalau tanah KANAAN yang dijanjikan untuk bangsa Israel memang ada tertulis di bibel … dan kerajaan Israel terbesar memang bercokol di sana … dan ini cocog dengan alur sejarah …

    Kejadian 17:8 Kepadamu dan kepada keturunanmu akan Kuberikan negeri ini yang kaudiami sebagai orang asing, yakni seluruh tanah Kanaan akan Kuberikan menjadi milikmu untuk selama-lamanya; dan Aku akan menjadi Allah mereka.”

    dan terbukti kerajaan Israel terbesar memang bercokol di sana … dan ini cocog dengan alur sejarah …sehingga saya berani menyimpulkan bahwa

    Kejadian 15:18 Pada hari itulah TUHAN mengadakan perjanjian dengan Abram serta berfirman: “Kepada keturunanmulah Kuberikan negeri ini, mulai dari sungai Mesir sampai ke sungai yang besar itu, sungai Efrat:

    adalah merujuk kepada Ismael dan ini cocog dengan alur sejarah
    mengingat pada waktu ayat ini Ishak belum lahir …

    hanya ada 2 konklusi untuk ayat ayat dibelakangya (Kejadian 17:18 – 21)

    1. Tuhan ingkar janji
    2. Terjadi pengubahan penulisan

    di luar konklusi itu adalah spekulasi …

    • hh Says:

      Mas Ucin yang senang menyelidiki Alkitab,

      Kejadian 15:18 Pada hari itulah TUHAN mengadakan perjanjian dengan Abram serta berfirman: “Kepada keturunanmulah Kuberikan negeri ini, mulai dari sungai Mesir sampai ke sungai yang besar itu, sungai Efrat:

      =>Janji itu tidak serta merta terjadi tanpa perjuangan. Bangsa Israel harus merebutnya dari tangan bangsa-bangsa yang mendiaminya.

      Bilangan 13 dan 14 menceritakan ketika duabelas pengintai yang disuruh oleh Musa menyelidiki negeri yang akan mereka taklukkan, sebagian dari para pengintai itu merasa gentar dan menghasut bangsa Israel untuk tidak maju berperang melawan mereka. Sifat penakut seperti inilah yang menghalangi mereka untuk menguasai seluruh daerah yang dijanjikan itu, ditambah lagi akibat penyembahan berhala yang mereka lakukan.

      Ketika Raja Salomo berkuasa, apa yang tertulis dalam Kej 15:18 telah menjadi kenyataan.

      Mari lihat I Raj 4:21
      21: Maka Salomo berkuasa atas segala kerajaan mulai dari sungai Efrat sampai negeri orang Filistin dan samapi ke tapal batas Mesir. Mereka menyampaikan upeti dan tetap takluk kepada Salomo seumur hidupnya.
      ______________
      Kej 15:18 adalah merujuk kepada Ismael dan ini cocog dengan alur sejarah mengingat pada waktu ayat ini Ishak belum lahir …

      => Tidak menjadi masalah apakah Ishak sudah lahir atau belum, karena sesuatu yang pasti dari janji itu adalah: Kepada keturunan Abraham melalui istrinya Sarah.

      Kej 15:18 ataupun dalam ayat-ayat yang lain yang menyatakan perjanjian itu adalah sama, yaitu: kepada keturunan Abraham melalui Sarah.

      Mengapa Kej 17 seolah olah hanya merujuk kepada Tanah Kanaan? Karena mereka harus merebut Tanah Kanaan terlebih dahulu, baru seteleh mereka tiba Kanaan, mereka akan membagi daerah itu menrutu suku suku mereka, dan masing masing suku harus merebutnya.

      Kepengecutan sebagian dari duabelas suku itu membuat mereka tidak dapat menguasai daerah yang menjadi kekuasaan mereka seluas luasnya.

      Namun, disaat seorang raja Israel benar benar takut akan Tuhan, melakukan segala perintahnya, seluruh daerah yang disebut dalam Kej 15:18 telah mereka kuasai.
      __________________
      hanya ada 2 konklusi untuk ayat ayat dibelakangya (Kejadian 17:18 – 21)
      1. Tuhan ingkar janji
      2. Terjadi pengubahan penulisan
      di luar konklusi itu adalah spekulasi …

      =>silakan membuat suatu konklusi, mas Ucin. Hanya saja…, buatlah konklusi yang mendasar.

      salam

  7. XucinXgaronX Says:

    to hh

    konklusi yang saya buat semuanya berdasar fakta obyektif yang terjadi yang saya kaitkan dengan ayat ayat bible yang ada … bukankah anda tahu bahwa di alkitab bible baik perjanjian lama maupun perjanjian baru anda terdapat kesalahan tulis tentang banyak hal yang telah banyak ditunjukkan dalam berbagai perdebatan???…

  8. hh Says:

    Kalau terdapat salah tulis atau salah informasi, itu berarti seluruh informasi di suatu buku itu akan menjadi salah?

    Bagaimana sdr mengabaikan faktor ketidak beranian suku-suku Israel untuk merebut daerah mereka, ditambah ketidaksetiaan mereka kepada Tuhan mereka, sehingga tidak semua daerah itu mereka miliki?

    Sdr melihat sendiri, akibat ketidaksetiaan mereka, kerajaan utara dari bangsa itu lenyap, bahkan ketika pemberontakan terakhir yang dilakukakn oleh Bangsa itu terhadap kerajaan Romawi, membuat bangsa itu terserak ke seluruh dunia hampir tak tersisa di sana?

    selamat berfikir

  9. xucinxgaronx Says:

    to hh

    @ …1
    Kalau terdapat salah tulis atau salah informasi, itu berarti seluruh informasi di suatu buku itu akan menjadi salah?

    saya tidak memandang semuanya salah…. hanya bagian bagian tertentu ada kesalahan tulisnya …. jadi dalam alkitab bibel ada hal yang tertulis benar dan ada juga yang salah tulisnya …

    @ …. 2
    jawabannya sudah saya posting bahwa yang dijanjikan kepada Israel hanyalah daerah Kanaan saja terbukti dengan sejarah israel yang ada

    @… 3

    betul postingan anda bahwa karena kedurhakaan israel sendirilah yang menyebabkan mereka menjadi bangsa yang terserak ….

    Yeremia 23:33 Apabila bangsa ini—baik nabi ataupun imam—bertanya kepadamu: Apakah Sabda yang dibebankan oleh TUHAN?, maka jawablah mereka: Kamulah beban itu! Sebab itu kamu akan Kubuang dari hadapan-Ku, demikianlah firman TUHAN

  10. Wedul Sherenian Says:

    wathcing

  11. xucinxgaronx Says:

    waiting

  12. bram Says:

    ya, sudah pasti ada kesalahan,
    fusing.

  13. Fitri Says:

    Pertamax emang enak.😀

  14. hh Says:

    @ …1
    Kalau terdapat salah tulis atau salah informasi, itu berarti seluruh informasi di suatu buku itu akan menjadi salah?
    saya tidak memandang semuanya salah…. hanya bagian bagian tertentu ada kesalahan tulisnya …. jadi dalam alkitab bibel ada hal yang tertulis benar dan ada juga yang salah tulisnya …

    =>Mas Ucin,
    adanya hal hal yang salah tulis dalam alkitab adalah tentang informasi sejarah yang terjadi dalam sejarah bangsa Israel. Misalnya salah mencatat umur raja, salah mencatat jumlah pasukan, salah catat tentang cara bunuh diri, dan lain lain. Bukankah itu hal yang wajar? Lagi pula, kesalahan itu terjadi bukan dalam buku/penulis yang sama, tetapi dalam buku/penulis yang berbeda. Artinya, perbedaan data itu tidak terjadi dalam buku yang sama, tetapi dalam buku yang berbeda. Misalnya data yang tercatat dalam buku Raja-raja berbeda dari data yang tercatat dalam buku Samuel atau buku yang lain.

    Dalam kehidupan moderen inipun bisa saja berlaku hal seperti itu.
    Akan tetapi kesalahan seperti ini kalian jadikan sebagai alasan bahwa alkitab telah dipalsukan, sementara inti pekabaran alkitab yang konsisten dari saat manusia pertama hingga sekarang kalian tidak perhatikan. Sangat tidak masuk akal.
    ___________
    @ …. 2
    jawabannya sudah saya posting bahwa yang dijanjikan kepada Israel hanyalah daerah Kanaan saja terbukti dengan sejarah israel yang ada

    =>Saya juga sudah berikan jawaban melalu I Raj 4:21.
    21: Maka Salomo berkuasa atas segala kerajaan mulai dari sungai Efrat sampai negeri orang Filistin dan sampai ke tapal batas Mesir. Mereka menyampaikan upeti dan tetap takluk kepada Salomo seumur hidupnya.
    Perhatikan baik baik akan kalimat: mulai dari sungai Efrat sampai negeri orang Filistin dan sampai ke tapal batas Mesir.

    Bukti lain bahwa teritori yang dijanjikan Tuhan akan diberikan kepada bangsa Israel sudah terpenuhi, tertulis dalam Josua 21:43-45
    43: Jadi seluruh negeri itu dieberikan Tuhan kepada orang Israel, yakni negeri yang dijanjikan-Nya dengan bersumpah untuk diberikan kepada nenek m oyang mereka. Mereka menduduki negeri itu dan menetap disana.
    44: Dan Tuhan mengaruniakan kepada mereka keamananke segala penjuru, tepat seperti y ang dijanjikan-Nya dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka. Tidak ada seorang pun dari semua musuhnya yang tahan berdiri menghadapai mereka; semua musuhnya diserahkah Tuhan kepada mereka.
    45: Dari segala yang baik yang dijanjikan Tuhan kepada kaum Israel, tidak ada yanag tidak dipenuhi; semuanya terpenuhi.
    ________
    Tentang janji bahwa bangsa Israel akan memilikinya untuk selamanya adalah KONDISIONAL, tergantung kepada penurutan bangsa Israel kepada Tuhan. Kejadian 17:9 => As for you, you must keep my covenant, you and your descendants after you for the generation to comes. => Jadi sangat jelas: conditional on obedience.

    Ketidakpenurutan bangsa Israel membuat mereka sering dialahkan oleh musuh-musuhnya, bahkan pada akhirnya status mereka sebagai bangsa pilihan tidak lagi berlaku. Dan pada pemberontakan terakhir terhadap kekuasaan Romawi, membuat mereka terpencar ke seluruh dunia.
    Saat terpencar inilah semua wilayah mereka itu jatuh ke tangan bangsa bangsa disekitarnya, dan itulah sebabnya bangsa bangsa yang berdiam di tanah yang dijanjikan Tuhan kepada Abraham akan diberikan kepada bangsa Israel, adalah bangsa bangsa bukan Israel.

    Akan tetapi, klaim anda yang menyatakan bahwa orang orang yang mendiami daerah itu sekarang adalah orang orang Ismael, tidaklah tepat.
    ______________
    @… 3
    betul postingan anda bahwa karena kedurhakaan israel sendirilah yang menyebabkan mereka menjadi bangsa yang terserak ….
    Yeremia 23:33 Apabila bangsa ini—baik nabi ataupun imam—bertanya kepadamu: Apakah Sabda yang dibebankan oleh TUHAN?, maka jawablah mereka: Kamulah beban itu! Sebab itu kamu akan Kubuang dari hadapan-Ku, demikianlah firman TUHAN

    =>Keterserakan akibat ketidak setiaan mereka itulah yang menyebabkan bahwa Tahan Perjanjian itu tidak lagi seluruhnya didiami oleh bangsa Israel, tetapi oleh bangsa bangsa lain yang mendiaminya setelah bangsa Israel terserak.

    salam

  15. Vedasastra Says:

    http://vedasastra.wordpress.com/2010/03/15/akibat-memeluk-agama-hindu/

  16. XucinXgaronX Says:

    to hh

    @ 1
    menurut yang saya pelajari ,
    kesalahan di alkitab baik perjanjian lama maupun perjanjian baru tidak hanya terdapat pada buku berbeda…. pada buku yang samapun juga terdapat kesalahan… bahkan sangat fatal salah satu contohnya adalah sabda Yesus di sini …

    Yohanes 5:31 Kalau Aku bersaksi tentang diri-Ku sendiri, maka KESAKSIAN-Ku itu TIDAK BENAR;

    Yohanes 8:14 Jawab Yesus kepada mereka, kata-Nya: “Biarpun Aku bersaksi tentang diri-Ku sendiri, namun KESAKSIAN-Ku itu BENAR, sebab Aku tahu, dari mana Aku datang dan ke mana Aku pergi. Tetapi kamu tidak tahu, dari mana Aku datang dan ke mana Aku pergi.

    @ 2

    wilayah salomon yang tertulis pada kitab raja raja memang seperti itu …

    tetapi apabila dikonfirmasi dengan arkeologis maka terdapat ketidaksesuaian … ini adalah link situs peta kekuasaan solomon …

    http://www.hebraist.us/territory%20of%20Israel.htm

    anda lihat bahwa yang secara tegas digambarkan wilayah solomon adalah di peta bergaris merah … tidak sampai sungai eufrat … garis merah putus putus di sebelah utara menunjukkan perkiraan wilayah berdasarkan bible…

    sementara di sebelah selatan juga tidak sampai ke sungai nil … wilayah solomon di sebelah selatan hanya sampai perbatasan gurun Sinai … tidak sampai ke sungai Nil yang terletak di sebelah barat gurun sinai

    dan jika anda lihat peta … anda akan tahu bahwa seluruh daerah dari sungai eufrat hingga sungai nil bahkan lebih luas lagi … di situ didiami oleh negara negara yang tergabung dalam liga arab …

  17. XucinXgaronX Says:

    to hh

    gambar peta liga arab terdapat di sini …

    http://en.wikipedia.org/wiki/Arab_League

  18. XucinXgaronX Says:

    to vedasastra ..

    terimakasih atas kunjungan anda …

    suatu saat insya Allah saya akan berdiskusi dengan anda, saat ini fokus saya masih sebatas di sini dan di situsnya fitri dengan cosmic boy … saya sudah pernah mengunjungi situs anda …

  19. hh Says:

    @ 1
    menurut yang saya pelajari ,
    kesalahan di alkitab baik perjanjian lama maupun perjanjian baru tidak hanya terdapat pada buku berbeda…. pada buku yang samapun juga terdapat kesalahan… bahkan sangat fatal salah satu contohnya adalah sabda Yesus di sini …
    Yohanes 5:31 Kalau Aku bersaksi tentang diri-Ku sendiri, maka KESAKSIAN-Ku itu TIDAK BENAR;
    Yohanes 8:14 Jawab Yesus kepada mereka, kata-Nya: “Biarpun Aku bersaksi tentang diri-Ku sendiri, namun KESAKSIAN-Ku itu BENAR, sebab Aku tahu, dari mana Aku datang dan ke mana Aku pergi. Tetapi kamu tidak tahu, dari mana Aku datang dan ke mana Aku pergi.

    =>Salut buat mas Ucin atas keinginan mempelajari Alkitab. Sekiranyapun mas mempelajarinya semata mata untuk mencari kesalahan yang mungkin terdapat disana, saya yakin mas akan menemukan kebenaran disana.

    Mas Ucin,
    Perkataan Yesus dalam Yoh 5:31 berawal ketika Yesus menyembuhkan orang sakit pada hari Sabat dan orang Yahudi hendak membunuhNya karena hal itu. Ketika Yesus mengatakan kepada orang2 Yahudi bahwa Allah adalah BapaNya, orang Yahudi itu semakin berusaha untuk membunuhNya, dan Yesus kembali menjawab mereka lebih detail lagi dalam Yoh 5:19-47.

    Mari kita perhatikan ayat 31, 32:
    31: Kalau Aku bersaki tentang diriKu sendiri, maka kesaksianku itu tidak benar.
    32: ada yang lain yang bersaksi tentang Aku dan Aku tahu, bahwa kesaksian yang diberikanNya tentang Aku adalah benar .

    Keterangan dalam Yoh 5, dipertegas lagi dalam Yohanes 6: 36, 39:
    36: Tetapi Aku mempunyai suatu kesaksian yang lebih penting daripada kesaksian Yohanes, yaitu segala pekerjaan yang yang diserahkan bapa kepadaKu, supaya Aku melaksanakannya. Pekerjaan itu juga yang Kukerjakan sekarang, dan itulah yang memberikan kesaksian tentang Aku, bahwa Bapa yang mengutus Aku.
    39: Dan inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepadaKu jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman.

    Walaupun Yesus sudah menjawab para pemimpin Yahudi itu dengan detail dalam peristiwa yang tercatat dalam Yoh 5, mereka masih mengulanginya lagi pada peristiwa yang lain, seperti yang tercatat dalam Yohanes fatsal 8 tersebut.

    8:13, Kata orang orang Farisi kepadaNya: “Engkau bersaksi tentang diriMu, kesaksianMu tidak benar.
    8:14, Jawab Yesus kepada mereka, kataNya: Biarpun Aku bersaksi tengtang diriKu sendiri, namun kesaksianKu itu benar, sebab aku tahu, darimana Aku datang dan ke mana Aku pergi.

    Perhatikan kata “Biarpun”. Kalau suatu kata diakhiri dengan pun, itu bisa berarti kata kerja/pekerjaan/tindakan yang mengikutinya belum tentu telah dilaksanakan. Kata ‘biarpun’ dalam kaliamat itu akan berarti: “anggaplah”.

    Tapi, sekalipun Yesus telah melakukan itu; telah bersaksi tentang diriNya sendiri, tidaklah bertentangan dengan perkataanNya dalam Yoh 5:31, karena bukan hanya Dia yang bersaksi tentang diriNya sendiri.

    Perhatikan Yoh 8:17, Akulah yang bersaksi tentang diriKu sendiri, dan juga Bapa, yang mengutus Aku, bersaksi tentang Aku.

    Dari kedua fatsal buku Yohanes itu; 5 dan 18, dapat disimpulkan seperti ini: Jika hanya Yesus yang bersaksi tentang diriNya sendiri, maka kesaksian itu boleh diragukan atau dianggap salah, karena bisa saja Yesus ngaku ngaku seperti itu. Tetapi, karena baik BapaNya (Yoh 8:17), maupun Roh Kudus (Mateus 3:16, 17) bersaki tentang semua itu, maka kesaksianNya itu adalah benar.

    Hal ini sekaligus menegaskan bahwa Tuhan itu terdiri dari tiga person, dan dalam pelaksanaan rencana penebusan itu, Yesus tidaklah bertindak atas kehendak sendiri, tetapi atas kesepakatan bersama dari ketiga-tiganya person Tuhan tersebut.
    _______________

    @ 2
    wilayah salomon yang tertulis pada kitab raja raja memang seperti itu …
    tetapi apabila dikonfirmasi dengan arkeologis maka terdapat ketidaksesuaian … ini adalah link situs peta kekuasaan solomon …
    http://www.hebraist.us/territory%20of%20Israel.htm
    anda lihat bahwa yang secara tegas digambarkan wilayah solomon adalah di peta bergaris merah … tidak sampai sungai eufrat … garis merah putus putus di sebelah utara menunjukkan perkiraan wilayah berdasarkan bible…

    =>Pada prinsipnya, setelah bangsa Israel menyeberangi sungai Yordan, seluruh daerah daerah yang dijanjikan itu telah sah dimiliki oleh bangsa Israel, dimana untuk kepemilikan berdasarkan suku telah dilakukan undi untuk menentukannya.

    Setelah diundi dan ditentukan menjadi bagian masing masing suku, mereka (masing-masing suku) harus merebutnya dari tangan penduduk/bangsa yang berdiam di situ; mereka harus pergi berperang dan menghalau bangsa-bangsa disekitar. Sebagaimana mereka telah menyaksikan kuasa Tuhan yang telah memimpin mereka mengahalau segala bangsa yang mencoba menghambat perjalanan mereka menuju tanah pernjanian, mereka juga harus yakin akan penyertaan Tuhan untuk merebut keseluruhan tanah perjanjian tesebut. Tidak ada istilah terima bersih. Harus berjuang.

    Ketika Musa menyuruh 12 orang pengintai, para pengintai yang merasa gentar untuk maju menuju tanah Kanaan tidak satupun yang menginjakkan kaki di tanah perjanjian itu, kecualil Yoshu dan Kaleb yang gagah berani. Begitu jugalah suku suku Israel dalam merebut daerah milik pusaka mereka, bila gentar, tidak seluruh daerah itu mereka kuasai.
    ___________
    sementara di sebelah selatan juga tidak sampai ke sungai nil … wilayah solomon di sebelah selatan hanya sampai perbatasan gurun Sinai … tidak sampai ke sungai Nil yang terletak di sebelah barat gurun sinai.

    =>Hal itu adalah perkiraan jaman moderen ini, belum tentu benar seperti itu.

    Kalaupun terbuk seperti itu, mungkin karena tidak ada penduduk di wilayah itu, atau bangsa Israel (suku yang berhak atasnya) merasa tidak penting untuk menguasainya, atau merasa takut berperang untuk mengusainya. Kemungkinan kemungkinan seperti itu tetap ada.

    Kalau kita hubungkan dengan masa kejaan raja Solomon, dari segi bangsa bangsa yang menyampaikan upeti kepada kerajaan itu, dan sekaligus bangsa bangsa yang datang untuk beribadah ke Yerusalem, bahkan dari Ethiopia pun datang. Bukankan sungai Nil juga ada di Ethiopia?
    _____________
    dan jika anda lihat peta … anda akan tahu bahwa seluruh daerah dari sungai eufrat hingga sungai nil bahkan lebih luas lagi … di situ didiami oleh negara negara yang tergabung dalam liga arab …

    =>Liga Arab adalah di zaman moderen ini.

    Seperti dalam perbincangan kita sebelumnya, sejak pemberontakan bangsa Israel yang terakhir kalinya terhadap kekuasaan Romawi, bangsa itu terserak keluar dari Tanah perjanjian itu. Mulai saat itulah bangsa bangsa disekitarnya mengusainya. Barulah belakangan, setelah ribuan tahun berlalu, orang orang Israel yang terserak ke seluruh penjuru dan merindukan kembali ke tanah leluhur mereka itu, merencanakan kembali ke Tanah pusaka mereka dengan jalan merebut kembali, dan terealisasi pada tahun 1947.

    Janji Tuhan terhadap Abraham bahwa keturunannya akan menguasai keseluruhan Tanah Kanaan tidak berlaku lagi, karena predikat mereka sebagai Bangsa Pilihan sudah tidak berlaku lagi sejak penolakan mereka akan Yesus berpuncak pada tindakan mereka melempari Stefanus dengan batu, orang yang dengan gigih memberitakan berita keselamatan/penebusan yang dilakukan oleh Yesus.

    Walaupun begitu adanya, orang orang Yahudi yang telah terserak keseluruh penjuru bumi, yang selama ribuan tahun telah mendiami daerah itu, merasa berhak untuk kembali berdiam disana, dan mereka merealisasikannya.

    Sekalipun bangsa Israel sekarang ini hanya mendiami sebagian kecil dari daerah yang pernah mereka miliki dizaman dulu, itu adalah karena faktor lain. Dari segi kemampuan militer mereka, dan segala sesuatu yang mendukung mereka, bisa saja mereka menguasai kembali seluh daerah yang pernah dijanjikan kepada mereka, mulai dari sungai besar Efrat hingga sungai Mesir.

    Tetapi pembahasan kita tidaklah perlu sampai mengarah ke kemungkinan tersebut.

    salam

  20. XucinXgaronX Says:

    to hh

    @1

    @ Mari kita perhatikan secara FULL TENSE ayat 31, 32:
    31: Kalau Aku bersaksi tentang diriKu sendiri, maka kesaksianku itu tidak benar.

    ARTINYA : kesaksian Yesus tentang dirinya sendiri adalah TIDAK BENAR …

    32: ada yang lain yang bersaksi tentang Aku dan Aku tahu, bahwa kesaksian yang diberikanNya tentang Aku adalah benar .

    ARTINYA
    kesaksian “ada yang lain” (seseorang manusia /nabi lain BUKAN TUHAN ATAU ROH KUDUS SEBAB DITULIS DENGAN HURUF KECIL) tentang Yesus adalah benar …

    dalam Yohanes 6: 36, 39:
    36: Tetapi Aku mempunyai suatu kesaksian yang lebih penting daripada kesaksian Yohanes, yaitu segala pekerjaan yang yang diserahkan bapa kepadaKu, supaya Aku melaksanakannya. Pekerjaan itu juga yang Kukerjakan sekarang, dan itulah yang memberikan kesaksian tentang Aku, bahwa Bapa yang mengutus Aku.

    maknanya : PEKERJAAN Yesus memberi kesaksian bahwa dia adalah UTUSAN Bapa

    39: Dan inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepadaKu jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman.

    ayat 6:39 ini tidak ada korelasi apapun dengan perikop kesaksian Yesus

    redaksi ke empat ayat di atas menurut saya tidak merubah makna

    Yoh 5:31 bahwa kesaksian Yesus tentang dirinya sendiri adalah TIDAK BENAR …

    di ayat berikut …

    Yoh 8:13, Kata orang orang Farisi kepadaNya: “Engkau bersaksi tentang diriMu, kesaksianMu tidak benar.

    maknanya adalah paralel dengan Yoh 5:31 bahwa kesaksian yesus tentang dirinya sendiri adalah tidak benar

    sedangkan ayat di bawah ini adalah

    Yoh 8:14, Jawab Yesus kepada mereka, kataNya: Biarpun Aku bersaksi tengtang diriKu sendiri, namun kesaksianKu itu benar, sebab aku tahu, darimana Aku datang dan ke mana Aku pergi.

    maknanya adalah kesaksian Yesus tentang dirinya sendiri adalah BENAR (juga untuk membantah orang farisi)

    apabila kata “biarpun ” diganti dengan “anggaplah” jadinya akan seperti ini … walaupun ini bisa dianggap merubah redaksi kitab suci …

    Yoh 8:14 Jawab Yesus kepada mereka, kataNya: ANGGAPLAH Aku bersaksi tengtang diriKu sendiri, namun kesaksianKu itu benar, sebab aku tahu, darimana Aku datang dan ke mana Aku pergi.

    tetap bermakna bahwa kesaksian Yesus tentang dirinya sendiri adalah BENAR …

    dan tetap saja kontradiktif antara Yoh 5:31 dan Yoh 8 :14

    Yoh 8:14 mengatakan bahwa tanpa campur tangan siapapun maka kesaksian Yesus tentang dirinya adalah selalu BENAR

    @ 2

    =>Pada prinsipnya, setelah bangsa Israel menyeberangi sungai Yordan, seluruh daerah daerah yang dijanjikan itu telah sah dimiliki oleh bangsa Israel …
    —–
    setahu saya sungai yordan itu membentang dari laut mati ke utara sampai danau galilea … tidak sampai ke sungai eufrat …hingga ke sungai nil …

    =>Hal itu adalah perkiraan jaman moderen ini, belum tentu benar seperti itu.

    nampaknya anda meragukan aspek arkeologis … karena tidak sesuai dengan alkitab …

    menurut saya alkitab baik perjanjian lama maupun perjanjian baru memang tidak sinkron dengan arkeologis …

    sebagai contoh riwayat tokoh sentral agama kristen (Yesus) saja kelahirannya diceritakan berbeda masanya antara di kitab Matius yang menceritakan kelahirannya pada masa Herodes Agung

    sedangkan di Lukas diceritakan kelahirannya adalah terjadi pada masa pemerintahan Achelaus anak Herodes Agung setelah meninggalnya

    dan sampai sekarang kontradiksi kelahiran Yesus inipun tidak pernah terselesaikan mana yang benar antara kitab Matius dan Lukas bahkan bertambah parah lagi bila dikaitkan dengan masa sensus Quirinus.

  21. Wedul Sherenian Says:

    WATCHING

  22. hh Says:

    to hh
    @1
    @ Mari kita perhatikan secara FULL TENSE ayat 31, 32:

    31: Kalau Aku bersaksi tentang diriKu sendiri, maka kesaksianku itu tidak benar.
    ARTINYA : kesaksian Yesus tentang dirinya sendiri adalah TIDAK BENAR …
    =>Itu adalah pengertian yang salah, mas Ucin. Simak dulu baik baik kalimat tersebut.
    Sangat jelas pengertiannya, bahwa: Bila Yesus bersaksi tentang dirinya sendiri tanpa ada saksi yang lain, seperti yang dijelaskan pada ayat 32, maka kesaksianNya itu adalah tidak benar, karena bisa saja hal itu dibuat buat.
    =>Untuk lebih menguatkan pengertian ini mari kita baca ayat sebelumnya; 5:30, Aku tidak dapat berbuat apa apa dari diri-Ku sendiri; Aku menghakimi sesuai dengan apa yang aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab Akutidak menuruti kehendakKu sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku.
    =>Adalah sangat jelas, bahwa Yesus tidak berbuat berdasarkan kemauan sendiri. Kalau Yesus berbuat atas kehendak sendiri, untuk apa perlu kesaksian yang lain?

    ==>Kalau menurut mas, kesaksian tentang diriNya itu adalah tidak benar, dimana ketidakbenarannya?

    32: ada yang lain yang bersaksi tentang Aku dan Aku tahu, bahwa kesaksian yang diberikanNya tentang Aku adalah benar .
    ARTINYA: kesaksian “ada yang lain” (seseorang manusia /nabi lain BUKAN TUHAN ATAU ROH KUDUS SEBAB DITULIS DENGAN HURUF KECIL) tentang Yesus adalah benar …
    =>”ada yang lain” tidak perlu ditulis dengan huruf besar karena itu adalah kata keterangan, bukan kata ganti. Yang menjadi kata ganti dalam kalimat tersebut adalah “Nya” dalam kata diberikanNya. Sangatlah jelas bahwa kata ganti dengan huruf besar itu adalah untuk Tuhan.
    ___

    dalam Yohanes 6: 36, 39:
    36: Tetapi Aku mempunyai suatu kesaksian yang lebih penting daripada kesaksian Yohanes, yaitu segala pekerjaan yang yang diserahkan bapa kepadaKu, supaya Aku melaksanakannya. Pekerjaan itu juga yang Kukerjakan sekarang, dan itulah yang memberikan kesaksian tentang Aku, bahwa Bapa yang mengutus Aku.
    maknanya : PEKERJAAN Yesus memberi kesaksian bahwa dia adalah UTUSAN Bapa
    =>Yesus adalah utusan, karena memang dialah yang diutus, karena tidak perlu ketiga-tiganya person Tuhan itu harus turun melaksanakan penebusan itu, cukup satu person. Kalau hanya satu person yang melaksanakan, sudah tentu adalah utusan.
    =>Inti dari ayat 36 tersebut bukanlah menyatakan utusan, tetapi, hal penebusan yang sedang dikerjakan itulah yang memberikan kesaksian bahwa Dia adalah Tuhan. Karena yang berhak menebus adalah pemilik. Tuhan sebagai pemilik manusia, Tuhanlah yang berhak menebusnya. Dan pekerjaan penebusan itulah yang memeberikan kesaksian terhadap diriNya: Bahwa Dia adalah Tuhan Juruselamat, dan dalam melaksanakan penebusan itu Dia tidak bertindak sendiri, tetapi adalah atas kesepakatan bersama. Karena atas kesepakatan bersamalah, sehingga person yang bertugas sebagai pelaksana disebut sebagai utusan.

    39: Dan inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepadaKu jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman.
    ayat 6:39 ini tidak ada korelasi apapun dengan perikop kesaksian Yesus
    =>Mas Ucin benar benar keliru dalam membuat kesimpulan seperti itu. Mas benar benar tidak mau serisu dalam diskusi ini, karena tujuan mas hanyalah untuk mecari cari kesalahan.
    Mengapa keliru?
    =>Komentar saya sebelumnya telah menyinggung asal muasal kesaksian dari Yesus; selain menyembuhkan pada hari Sabat, Yesus juga menyaksikan/menyatakan bahwa Allah adalah BapaNya.
    (Yoh 5:17, 18)
    =>Kemudian Yesus melanjutkan kesaksianNya (5:19-47)
    =>Untuk lebih memperjelas bahwa Allah adalah BapaNya, dan Dia sendiri adalah Tuhan, maka Dia mengatakan seperti yang tertulis dalam Yoh 6: 39 tersebut.
    =>Sebelum membaca ayat 39, mari baca ayat 38: Sebab Aku turun dari surga bukan untuk melakukan kehendakKu, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku. 39: Dan inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikanNya kepadaKu jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman.
    ________

    redaksi ke empat ayat di atas menurut saya tidak merubah makna

    Yoh 5:31 bahwa kesaksian Yesus tentang dirinya sendiri adalah TIDAK BENAR …
    =>Perhatikanlah sekali lagi , Yesus tidak sedang menjelaskan bahwa kesaksianNya adalah tidak benar,
    Tetapi Yesus sedang menjelaskan bahwa: Kalau tidak ada saksi yang lain, maka kesaksianNya itu adalah tidak benar.

    di ayat berikut …
    Yoh 8:13, Kata orang orang Farisi kepadaNya: “Engkau bersaksi tentang diriMu, kesaksianMu tidak benar.
    =>Hal itu adalah Tuduhan orng Farisi, dan Yesus telah menjelaskan kepada orang2 farisi bahwa: KESAKSIAN YESUS TENTANG DIRINYA SENDIRI ADALAH BENAR, KARENA BUKAN HANYA DIA YANG BERSAKSI/MENYAKSIKAN, TETAPI ADA PIHAK YANGLAIN (Yoh 8:16 =>Dan jika Aku menghakimi, maka penghakimanku itu benar, sebaba aku tidak seorang diri, tetapi aku bersama dengan Dia yang mengutus Aku).

    maknanya adalah paralel dengan Yoh 5:31 bahwa kesaksian yesus tentang dirinya sendiri adalah tidak benar
    =>Saya tidak mengerti mengapa mas Ucin bersikukuh mengatakan seperti itu. Perhatikanlah sekali lagi, bahwa Yesus tidak sedang mengatakan bahwa kesaksianNya adalah tidak benar, tetapi Yesus sedang memberi penjelasan bahwa, bila tidak ada saksi yang lain, maka kesaksiannya itu adalah tidak benar.

    sedangkan ayat di bawah ini adalah
    Yoh 8:14, Jawab Yesus kepada mereka, kataNya: Biarpun Aku bersaksi tengtang diriKu sendiri, namun kesaksianKu itu benar, sebab aku tahu, darimana Aku datang dan ke mana Aku pergi.

    maknanya adalah kesaksian Yesus tentang dirinya sendiri adalah BENAR (juga untuk membantah orang farisi)
    =>Kesaksian itu adalah benar karena bukan Yesus sendiri yang bersaksi.
    Mari baca Yoh 8:17 dan 18
    (17) Dan dalam kitab Tauratmu ada tertulus, bahwa kesaksian dua orang adlah sah;
    (18) Akulah yang bersaksi tentang diriKu, dan juga Bapa, yang mengutus aku, bersaksi tentang Aku.
    =>Dari ayat 17 dan 18 tersebut, sangatlah jelas, karena Yang bersaksi bukan hanya Yesus, maka kesaksianNya itu adalah benar.

    apabila kata “biarpun ” diganti dengan “anggaplah” jadinya akan seperti ini … walaupun ini bisa dianggap merubah redaksi kitab suci …
    Yoh 8:14 Jawab Yesus kepada mereka, kataNya: ANGGAPLAH Aku bersaksi tengtang diriKu sendiri, namun kesaksianKu itu benar, sebab aku tahu, darimana Aku datang dan ke mana Aku pergi.
    tetap bermakna bahwa kesaksian Yesus tentang dirinya sendiri adalah BENAR …
    =>Dalam hal ini saya telah membuat kekeliruan.

    dan tetap saja kontradiktif antara Yoh 5:31 dan Yoh 8 :14
    Yoh 8:14 mengatakan bahwa tanpa campur tangan siapapun maka kesaksian Yesus tentang dirinya adalah selalu BENAR
    =>Kesaksian itu benar, karena ada pihak lain yang menyaksikan.

    Kesimpulan
    Kedua ayat tersebut tidaklah kontradiktif.
    Alasan:
    Dalam Yohanes fasal 5 terdapat kesaksian Yesus bahwa Allah adalah Bapanya.
    => Kalau Yesus bersaksi tentang diriNya sendiri tanpa ada saksi lain, maka kesaksianNya itu adalah salah. Tetapi karena ada saksi yang lain, maka kesaksiannya itu adalah benar: Dia datang dari sorga, Allah adalah Bapanya, dan Dia Adalah Tuhan.
    Dalam Yohanes fasal 8, Yesus bersaksi bahwa Dia adalah terang dunia.
    =>Karena bukan hanya Yesus yang bersaksi tentang dirinya sendiri, melainkan juga BapaNya yangmengutusNya, maka kesaksianNya itu adalah benar.

    __________________________________________________________

    @ 2
    =>Pada prinsipnya, setelah bangsa Israel menyeberangi sungai Yordan, seluruh daerah daerah yang dijanjikan itu telah sah dimiliki oleh bangsa Israel …
    —–
    setahu saya sungai yordan itu membentang dari laut mati ke utara sampai danau galilea … tidak sampai ke sungai eufrat …hingga ke sungai nil …
    => Mas telah salah mengerti tentang penjelasan saya.
    Yang saya jelaskan adalah: Setelah bangsa Israel menyeberang sungai Yordan, disitulah mereka melakukan pembagian daerah yang menjadi pusaka masing masing suku.
    Artinya, sebelum mereka menyeberang sungai Yordan, mereka belum melakukan pembagian.
    Jadi, saya tidak sedang menjelaskan bahwa sungai Yordan membentang dari sungai Efrat hingga sungai Nil.

    Hal itu adalah perkiraan jaman moderen ini, belum tentu benar seperti itu.
    nampaknya anda meragukan aspek arkeologis … karena tidak sesuai dengan alkitab …
    menurut saya alkitab baik perjanjian lama maupun perjanjian baru memang tidak sinkron dengan arkeologis …
    =>Biar bagaimanapun, aspek arkeologis tidak akan dapat membutikan bahwa daerah mulai dari sungai Efrat hingga Sungai Nil telah sah dibagi-bagikan menjadi milik pusaka suku suku bangsa Israel yang duabelas itu, karena bukti bukti arkeologis itu tidak akan terdapat di sepanjang daerah tersebut.
    Itulah sebabnya saya mengatakan bahwa hal itu masih dalam perkiraan. Kalau kelak terdapat bukti lain selain bukti Alkitab yang menunjukkan bahwa daerah itu adalah milik pusaka bangsa Israel, maka pemetaan yang anda lampirkan itu otomatis akan gugur, paling tidak dipertimbangkan kebenarannya.

    sebagai contoh riwayat tokoh sentral agama kristen (Yesus) saja kelahirannya diceritakan berbeda masanya antara di kitab Matius yang menceritakan kelahirannya pada masa Herodes Agung
    sedangkan di Lukas diceritakan kelahirannya adalah terjadi pada masa pemerintahan Achelaus anak Herodes Agung setelah meninggalnya
    =>Karena yang terpenting dari hal itu bukanlah Hari H Djam D kelahiranNya. Yang terpenting adalah Hal Penebusan itu. Karena penebusan tersebut, manusia yang seharusnya akan dibinasakan bilamana hari penghakima itu tiba, tidak lagi akan dibinasakan, melainkan beroleh keselamatan kehidupan kekal.

    dan sampai sekarang kontradiksi kelahiran Yesus inipun tidak pernah terselesaikan mana yang benar antara kitab Matius dan Lukas bahkan bertambah parah lagi bila dikaitkan dengan masa sensus Quirinus.
    =>Jangan Kuatir tentang hal itu. Bila hal itu sangat penting bagi mas, kita akan telusuri hal itu melalui nubuatan dalam buku Daniel.
    Kalau mas berminat, kita bisa diskusinkan itu.

    salam

  23. XucinXgaronX Says:

    to hh

    @ 1
    Yoh 5:32: ada yang lain yang bersaksi tentang Aku dan Aku tahu, bahwa kesaksian yang diberikanNya tentang Aku adalah benar .
    ARTINYA: kesaksian “ada yang lain” (seseorang manusia /nabi lain BUKAN TUHAN ATAU ROH KUDUS SEBAB DITULIS DENGAN HURUF KECIL) tentang Yesus adalah benar …
    =>”ada yang lain” tidak perlu ditulis dengan huruf besar karena itu adalah kata keterangan, bukan kata ganti. Yang menjadi kata ganti dalam kalimat tersebut adalah “Nya” dalam kata diberikanNya. Sangatlah jelas bahwa kata ganti dengan huruf besar itu adalah untuk Tuhan.

    … menurut saya justru di sinilah terdapat kekeliruan anda … saya memaklumi kalau anda hanya membaca dari alkitab berbahasa Indonesia yang menulis kata ganti “Nya” … yang seharusnya ditulis dengan huruf kecil apabila terjemahannya konsisten dengan teks alkitab berbahasa inggris AV

    John 5:32 There is another that beareth witness of me; and I know that the witness which he witnesseth of me is true.

    anda bisa memeriksa sendiri alkitab anda … kata ganti “he” tertulis dengan huruf kecil yang menunjukkan derajat bukan tuhan atau roh kudus …

    @ ==>Kalau menurut mas, kesaksian tentang diriNya itu adalah tidak benar, dimana ketidakbenarannya?

    ===> sejak awal … saya hanya menunjukkan adanya kontradiksi pernyataan Yesus tentang kesaksiannya sendiri antara john 5:31 dan John 8:13 … sehingga semua kesaksiannya bisa menjadi ambigu… bisa diarahkan kemana saja …

    @ 2

    Menurut saya aspek arkeologis tidak dapat diabaikan begitu saja apabila anda menempatkan Yesus atau siapa saja sebagai “tokoh sejarah” …

    Alkitab Perjanjian Barupun menyebut nyebut adanya tokoh sejarah seperti Herodes, Arkhelaus ,Kirenius , kaisar Tiberius dan lain lainnya yang dikaitkan dengan kelahiran Yesus … dan ketika hal ini diteliti dengan seksama … muncullah kontradiksi antara pernyataan di injil Matius dan Lukas berkaitan dengan waktu kelahiran Yesus …bukan masalah hari D dan jam H atau lain lainnya yang memang tidak ada referensi historisnya… tetapi adanya konflik historis waktu kelahiran Yesus apabila dikaitkan dengan Time Line / garis waktu …dari tokoh tokoh sejarah tersebut …

    • hh Says:

      yang seharusnya ditulis dengan huruf kecil apabila terjemahannya konsisten dengan teks alkitab berbahasa inggris AV

      John 5:32 There is another that beareth witness of me; and I know that the witness which he witnesseth of me is true.

      anda bisa memeriksa sendiri alkitab anda … kata ganti “he” tertulis dengan huruf kecil yang menunjukkan derajat bukan tuhan atau roh kudus …

      => Mas Ucin,
      saya ketik langsung apa yang ada di alkitab saya ya, mas.

      John 5:32=>There is another who bears witness of Me, and I know that the witness which He witnessess of Me is true.

      Ada ada saja mas Ucin Garon ini, kata ‘me’ pun ditulis dengan huruf kecil.

      salam

  24. aresaja Says:

    waduh… ni debat cosmic yang tidak sehat….

    katakan TIADA TUHAN SELAIN ALLAH….
    dan MUHAMMAD ADALAH UTUSAN ALLAH…

    dialah ALLAH, Tuhan yang ESA,
    dan TIADA Sesuatu Apapun yang setara denganNya.

    http://aresaja.wordpress.com

  25. hh Says:

    waduh… ni debat cosmic
    =>debat ini belum kosmik, mas, masih sekitar daerah yang dijanjikan Tuhan akan dimiliki bangsa Israel pada zaman dahulu, dan tentang ucapan Yesus dengan kesaksiannya.

    yang tidak sehat….
    =>sehat kok, mas. Mas Ucin mengutarakan tentang pengertian apa yang dia tangkap dari ayat alkitab dan mencoba menghubungkannya dengan bukti bukti lain seperti bukti arkeologis,,….. saya mencoba memberikan sanggahan tentang pendapat itu. Debat yang sehat bukan?

    salam

  26. XucinXgaronX Says:

    to hh

    Saya punya alkitab OLB versi Indonesia versi 3.00 teksnya seperti di bawah ini ..tidak ada tertilis “Me” pakai huruf besar …

    John 5:32 There is another that beareth witness of me; and I know that the witness which he witnesseth of me is true.

    dan ada lagi dari BIBLE ToGo for Palm versi 1.4

    John 5:32 versi AKJV … There is another that bears witness of me; and I know that the witnesses of me istrue

    John 5:32 versi ASV … It is another that beareth witness of me; and I know that the witness which he witnesseth of me is true

    semuanya menulis kata “me” dengan huruf kecil …

  27. XucinXgaronX Says:

    to hh

    oh tentu saja langsung saya tunjukkan linknya … silakan cek sendiri…ini satu dulu …

    btw alkitab anda itu versi apa ??? kok aneh sekali teksnya…

    http://sabdaweb.sabda.org/bible/chapter/?b=43&c=5&version=av_st&lang=indonesia&theme=clearsky

    • hh Says:

      Saya pikir Alkitab mas ucin adalah cetakan, itu sebabnya saya minta di scan. Dari semua Alkitab cetakan yang saya miliki, tidak satupun yang menuliskannya dengan huruf kecil. Saya akan ke toko buku terlengkap yang ada jual Alkitab dan perpustakaan terlengkap akan mencek semua versi yang ada, apakah ada yang menuliskannya dengan huruf kecil atau tidak.

      Maaf mas Ucin, saya tidak tau mengapa Alkitab online yang mas sertakan linknya itu menulisnya seperti itu.

      Kalau menurut mas ucin, saksi yang disebutkan itu dituliskan dengan huruf kecil yang menurut anggapan mas menunjukkan derajat bukan Tuhan atau Roh Kudus. Lalu, menurut anggapan mas Ucin siapakah saksi itu?

      salam

  28. XucinXgaronX Says:

    to hh

    ini juga…

    http://sabdaweb.sabda.org/bible/chapter/?b=43&c=5&version=philips&lang=indonesia&theme=clearsky

  29. XucinXgaronX Says:

    maaf … saya hanya menunjukkan bahwa interpretasi anda harus dikoreksi dalam hal tersebut berdasarkan alkitab anda sendiri …

    dan tentunya anda akan menjadi lebih paham bahwa penulisan satu huruf kecil menjadi satu huruf besar itu bisa berakibat interpretasi / penafsiran yang sangat jauh bedanya…

    • hh Says:

      mas tidak perlu minta maaf, sebutkan saja menurut pendapat anda, akalu ada yang menuliskan itu dengan huruf kecil, kira kira siapkah itu.

      salam

  30. XucinXgaronX Says:

    to hh

    Tentunya Yesus lebih tahu dari saya … dan bukankah menurut pengakuan rekan rekan kristen … mereka sering dijamah Yesus???… tentunya mereka akan lebih tahu jika beul betul telah dijamah …

  31. Jabon Says:

    ngak ada habisnya ya kayaknya kalo debat keyakinan,,,
    salam dari petani jabon

  32. Budi Muhammad Natsir Says:

    Jabon, Ya, mereka itu berselisih setelah datang penjelasan kepada mereka.

  33. SITI FATIMAH AHMAD Says:

    Selamat sore buat saudara.
    Terima kasih atas kunjungan ke blog saya.
    Mudahan ilmu yang dibahaskan di sini, bisa memberi manfaat untuk mencari kebenaran dan petunjuk Allah.

    Salam kenal dari saya di Sarikei, Sarawak, Malaysia.

  34. XucinXgaronX Says:

    salam kenal kembali cik guru…

    awak ada di indonesia ….

    hidayah Allah bertebaran dimana saja …. akal sehat tentu dapat menyentuhnya ….

  35. jack Says:

    good work kang

  36. XucinXgaronX Says:

    selamat datang di blog saya …..

  37. M. Rohmatulloh Says:

    Cukuplah kita berpegang kepada Alquran dan Assunnah, PASTI tidak akan tersesat SELAMANYA!

    @hh:
    Saya hanya ingn bertanya, sungguh tidak ada maksud untuk mendebat anda, hanya ingin mendapat penjelasan saja:
    Alkitab itu katanya firman Tuhan, lha kok beda2 dan ber-versi2 ?? Bukankah kalau Tuhan berkata A, maka selamanya akan A ?

  38. M. Rohmatulloh Says:

    Mangap, salah email ^^v

    Cukuplah kita berpegang kepada Alquran dan Assunnah, PASTI tidak akan tersesat SELAMANYA!

    @hh:
    Saya hanya ingn bertanya, sungguh tidak ada maksud untuk mendebat anda, hanya ingin mendapat penjelasan saja:
    Alkitab itu katanya firman Tuhan, lha kok beda2 dan ber-versi2 ?? Bukankah kalau Tuhan berkata A, maka selamanya akan A ?

  39. mantap Says:

    mantaapp kang ucink…saaya hanya ikut melongo aja! _ _v

  40. GoNAL Says:

    Tuhan Tidak membuat janji yang pada hari itu akan di tepati. (Rencana Tuhan tidak ada yang tau) Dari yang saya baca bahwa Israel ada Umat Pilihan Allah (Orang Kristen yang Beriman Pasti tau hal ini) Isakh Diubah namanya menjadi Israel. Israel yang Sedang Berperang Adalah Israel JASMANI Dan Semua Orang Kristen Di Dunia Ini Adalah Israel ROHANI Ingat itu. Dan Sebelum Kedatangan kedua kali, Orang Kristen/Israel akan Menunjukan Kepada Semua bangsa Dan Bahasa Bahwa Tuhan akan Datang dan Mempersiapkan kedatangan nya Keseluruh Dunia. Dari Mesir sampe Balik lagi Kemesir Semua orang Akan tunduk Menyembah Tuhan Yesus Kristus Sang Juruslamat. Otomatis semua menjadi Orang Kristen/Israel, Memenuhi Mesir – sungai Efrat? Tentu Bahkan Memenuhi Seluruh dunia.. Apakah Tuhan Menepati Janji? TENTU

    • Stain Remover Says:

      Israel rohani ???? yang diubah namanya menjadi Israel itu Yakub mas…hehehe…

      Lalu kata orang itu: “Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang.” (Kejadian 32:28)

      Dan dia (Yakub) sudah ditebus oleh Tuhan, sebelum tumpahnya darah orang terkutuk disalib.

      Tetapi sekarang, beginilah firman TUHAN yang menciptakan engkau, hai Yakub, yang membentuk engkau, hai Israel: “Janganlah takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku. (Yesaya 43:1)

      Bersorak-sorailah, hai langit, sebab TUHAN telah bertindak, bertempiksoraklah, hai rahim bumi! Bergembiralah dengan sorak-sorai, hai gunung-gunung, hai hutan serta segala pohon di dalamnya! Sebab TUHAN telah menebus Yakub, dan Ia telah memperlihatkan keagungan-Nya dalam hal Israel. (Yesaya 44:23)

  41. xucinxgaronx Says:

    Fakta Jani Tuhan sudah tergenapi dengan keturunan Ismael …. artinya Perjanjian kekal tersebut pastilah dengan Ismael ….. so membuktikan bahwa orang orang yahudi merubah isi perjanjian tersebut seakan akan dengan Ishak …. (yang bahkan Ishak belum lahir ketika diucapkan perjanjian kekal tersebut….. )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: